12 June 2024

Bupati Simon Nahak Pastikan Jembatan Ambruk di Kobalima Segera di Perbaiki 

0
Spread the love

Hujan ringan hingga lebat secara intens yang terjadi 31 mei hingga 1 juni 2024 menyebabkan longsor salah satu  jembatan penghubung jalan sabuk merah perbatasan R I -Timor Leste tepatya  diantara Dusun Lanua dan Dusun Morukren Desa Litamali Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur

membuat akses utama itu  tidak bisa dilalui. Ambruknya jembatan itu, berdampak pada akses ekonomi warga.

Bupati Malaka Dr.Simon Nahak, S.H.,M.H, memastikan, perbaikan jembatan sudah mulai dikerjakan besok Senin 3 Juni 2024

“Besok jembatan  sudah akan dikerjakan meski baru sebatas jembatan darurat,” ujar Bupati Simon Nahak saat diwawancarai wartawan disela-sela meninjau kondisi jembatan ambruk Minggu 2 Juni 2024.

Menurutnya,jembatan tersebut berada di ruas jalan provinsi sehingga pemerintah kabupaten melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi agar segera ditindaklanjuti.

“Begitu jembatan ambruk  bersama Dinas Pekerjaan umum Kabupaten Malaka  berkoordinasi dengan Dinas PU-PR Provinsi NTT sekaligus meminta secepatnya penanganan jembatan yang merupakan urat nadi perekonomian warga,.

Saat ini, peralatan jembatan  dalam perjalanan menuju Kobalima untuk segera dipasang demi menghubungkan kembali jalur transportasi. Terang Bupati Simon Nahak

Kepada wartawan, Bupati Simon menyampaikan, jembatan tersebut berada di ruas jalan provinsi sehingga pemerintah kabupaten melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi agar segera ditindaklanjuti mengenai perbaikan jembatan yang putus.

Untuk penanganan darurat, lanjut Bupati Simon, Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas PUPR sudah menyiapkan langkah penanganan secara cepat.

“Paling lambat sore ini, alat berat sudah ada di lokasi untuk angkat semua dan membuat jalan alternatif untuk kelancaran akses transportasi dari Betun ke Motamasin atau sebaliknya, termasuk ke Timor Leste”, kata Simon.

Bupati Simon menyampaikan terima kasih kepada masyarakat sekitar lokasi yang sudah membuat jembatan darurat untuk manusia dan sepeda motor.

Camat Kobalima, Mariano Felix saat ditemui wartawan mengatakan, pemerintah kabupaten Malaka didukung pihak swasta akan menangani jembatan yang putus dengan membangun jembatan darurat.

“Saya dengan pihak yang kerja sudah mencatat material. Sore ini alat berat sudah asap di lokasi jembatan rusak, katanya.(Edi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *