12 June 2024

Desa Taaba – Weliman Salurkan BLT Triwulan Kedua Kepada 47 KPM

0
Spread the love

Pemerintah Desa Taaba, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa triwulan kedua kepada 47 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran BLT triwulan kedua berlangsung di Kantor Desa Taaba, Sabtu 18 Mei 2024. Kegiatan penyaluran BLT dihadiri Ketua BPD, Petrus Seran, Babinsa Desa Taaba, Pendamping Desa, Krisna Hadi dan Natalia Lirik serta perangkat desa.

Pada kesempatan itu, Pendamping Desa, Natalia Luruk mengatakan, Desa Taaba adalah salah satu desa di Kecamatan Weliman yang tercepat menyalurkan BLT sejak triwulan pertama dan triwulan kedua.
Ini merupakan komitmen dari kepala desa Taaba yang harus diapresiasi dan didukung oleh masyarakat.
“Kita punya ibu desa ini gesit, sehingga hari ini kita sudah bagi BLT triwulan 2. Kita harus terima kasih kepada ibu desa yang terus semangat mengurus masyarakatnya”, ungka Natalia.

Ketua BPD Desa Taaba, Petrus Seran mengatakan, upaya dan kerja keras dari kepala Desa untuk mempercepat pengajuan, pencairan dan penyaluran dana BLT harus diberi apresiasi. Karena sejak triwulan pertama hingga triwulan kedua, penyaluran BLT kepada masyarakat selalu tercepat.

“Kita terima kasih kepada ibu Desa karena selalu cepat urus anggaran di desa. Kita bagi BLT lancar-lancar dan cepat, tidak sampai akhir bulan sudah bagi. Jadi kita harus dukung pemimpin seperti begini”, ungkapnya.

Petrus berpesan kepada penerima BLT supaya menggunakan uang BLT secara baik guna memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Hal senada disampaikan Babinsa Desa Taaba, Marcus Gomes. Katanya, dana BLT diberikan kepada masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab dan perhatian dari pemerintah.

“Kami sebagai aparat hanya berpesan kepada bapak mama supaya uang BLT ini digunakan dengan baik untuk kebutuhan keluarga”, pesannya.

Kepala Desa Taaba, Ida Nahak mengatakan, sejak awal 2024, ia berkomitmen agar Desa Taaba menjadi salah satu desa yang tercepat menyalurkan BLT dan anggaran bidang lainnya di tahun 2024.

Komitmen itu sudah terbukti setelah Desa Taaba masuk dalam program Desa Sukalisa tahun 2024. Sukalisa adalah program Kementerian Desa dan PDTT untuk mendorong pemerintah Desa agar mempercepat penyerapan anggaran Desa sesuai kalender yang ditetapkan kementerian.

Lanjut Kades Ida, Pemerintah Desa Taaba telah melaksanakan program tersebut mulai dari penyaluran BLT triwulan pertama dan pencairan dana Desa bidang penyelenggaraan pemerintahan, bidang pembangunan dan pemberdayaan.

Ia merincikan, pada triwulan pertama (Januari, Febuari, Maret) 2024, pemerintah desa menyalurkan BLT tanggal 21 Febuari 2024. Pada triwulan kedua (April, Mei, Juni), dibagikan hari ini, Sabtu 18 Mei 2024.

“Kita bagi BLT lebih cepat. Kita tidak tunggu sampai akhir bulan atau tunggu awal bulan depan, sepanjang dana BLT sudah masuk ke rekening desa”, katanya.

Kades Ida menyampaikan terima kasih kepada Dinas PMD Kabupaten Malaka, pendamping Desa, BPD, perangkat Desa dan masyarakat yang selalu mendukung semua gebrakan dari pemerintah Desa.

“Saya berterima kasih kepada Dinas PMD, pendamping Desa, BPD yang selalu bekerja sama dengan baik untuk melayani masyarakat”, pintanya.

Sejumlah KPM yang menerima BLT mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Kepala Desa Taaba karena sejak Kades Ida Nahak memimpin desa tersebut, penyaluran BLT selalu lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *