29 May 2024

Ini Pesan Bupati Simon Nahak Untuk Peserta Bimtek Calon Guru Penggerak Se-Kabupaten

0
Spread the love

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Malaka melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan setempat menggelar

Bimbingan Teknis (Bintek ) Calon Guru Penggerak Dalam Program Guru Penggerak Jenjang Sekolah Dasar (SD) Se-Kabupaten Malaka Tahun 2024 di Hotel Cinta Damai Resort Betun Tabene Desa Umatahan Kecamatan Malaka Tengah kabupaten Malaka rabu, 15 Mei 2024.

Pemerintah Daerah menyambut baik terlaksananya Bimbingan Teknis kepada Calon Guru Penggerak  jenjang Sekolah Dasar se-Kabupaten Malaka
Demikian disampaikan Asisten administrasi umum Sekda Malaka Gregorius Fatin,S.H. saat membacakan sambutan Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H, disela membuka kegiatan itu.

Bupati Simon Nahak Berpesan, kepada yang mengikuti Kegiatan ini harus ikuti secara serius sebagai upaya mempersiapkan diri sebagai calon Guru Penggerak sebelum mendaftar pada Pendidikan Guru Penggerak serta
mewujudkan peningkatan kemampuan kepemimpinan pembelajaran bagi guru dan memberikan pendampingan individu pendampingan kelompok peserta Calon Guru Penggerak di satuan pendidikan
meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila

Guru Penggerak merupakan guru-guru terbaik bangsa yang merasa terpanggil untuk mendorong perubahan pendidikan negeri ini ke arah yang lebih baik.

Kehadiran Guru Penggerak diharapkan menjadi pemimpin – pemimpin pendidikan di masa depan yang mampu menelurkan embrio generasi unggul Indonesia.
Perannya juga ikut serta mendorong tenaga pendidik lainnya agar menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Meski saat ini aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh, kehadiran seorang guru tidak serta-merta dapat digantikan oleh perangkat teknologi itu. Suri teladan dalam proses pembelajaran formal, menjadi aspek penting bagi perkembangan karakter para siswa.

Guru Penggerak, adalah bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yang merupakan rangkaian kebijakan Merdeka Belajar episode kelima. Saudara dipersiapkan sebagai guru-guru terbaik untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran (instructional leaders).

Saya berharap, para Calon Guru Penggerak memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah.
Kami, pemerintah Kabupaten Malaka memiliki harapan besar agar Anda semua LULUS sebagai Guru Penggerak.

Selanjutnya, ucap Gregorius Fatin, Anda semua dapat berkiprah mewujudkan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan di Kabupaten Malaka, di mana keberpihakkan pada murid menjadi orientasi utamanya.

Pada kesempatan ini, saya mendorong kepada Saudara semua, para Calon Guru Penggerak untuk
Dapat menggerakkan komunitas belajar bagi rekan guru di sekolah.

Dapat menjadi agen perubahan bagi rekan guru yang lain dalam proses pembelajaran di sekolah.
Dan yang terpenting, mendorong kepemimpinan siswanya dengan menjadi teladan serta agen transformasi ekosistem pendidikan profil pelajar pancasila.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka,
Para Pengajar Praktik dari Kabupaten TTU,
Pengawas Sekolah,
Kepala Sekolah dan segenap pihak yang telah mendukung pelaksanaan Bimtek  ini.

Pada kesempatan ini juga saya mengucap selamat dan semoga Calon Guru Penggerak Kabupaten Malaka berjalan sukses serta membawa manfaat bagi kita semua, demi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Malaka ucap Bupati Malaka melalui Asisten 3

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malaka Yanuarius Boko, S.Ag.,M.Sc melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan
Wetpi Bria,dalam laporannya menyampaikan

Dukungan pemerintah daerah terhadap program Guru Penggerak

Pengertian
Guru Penggerak merupakan guru-guru terbaik bangsa yang merasa terpanggil untuk mendorong perubahan pendidikan negeri ini ke arah yang lebih baik.

Kehadiran Guru Penggerak diharapkan menjadi pemimpin pemimpin pendidikan di masa depan yang mampu menelurkan embrio generasi unggul Indonesia.

Perannya juga ikut serta mendorong tenaga pendidik lainnya agar menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Latar Belakang.
Guru dituntut untuk melakukan aksi transformasi atau pembaharuan dalam pengajaran kepada siswa

Guru dituntut memiliki Kompetensi dan strategi pembelajaran secara menarik materi ajar.

Dasar
Peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik Indonesia nomor 26 tahun 2022 tentang pendidikan Guru penggerak

Keputusan Menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik indonesia nomor 371 tahun 2021 tentang program sekolah penggerak

Peran Guru Penggerak
Dapat menggerakkan komunitas belajar bagi rekan guru di sekolah.

Dapat menjadi agen perubahan bagi rekan guru yang lain dalam proses pembelajaran di sekolah.

Dan yang terpenting, mendorong kepemimpinan siswanya dengan menjadi teladan serta agen transformasi ekosistem pendidikan profil pelajar pancasila.

Kehadiran Guru Penggerak diharapkan menjadi pemimpin- pemimpin pendidikan di masa depan yang mampu menelurkan embrio generasi unggul Indonesia.

Kepada Guru Penggerak yang telah memenuhi syarat dan sesuai regulasi untuk menjadi kepala sekolah dan Pengawas Sekolah sehingga pemimpin- pemimpin satuan Pendidikan generasi berikutnya adalah pemimpin yang benar- benar berkualitas di Kabupaten Malaka. Tutup Wetpi Bria.
(Edi S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *