29 May 2024

Pemkab Malaka Transparan Sosialisasi dan Penjaringan Parade Paskibraka 2024.

0
Spread the love

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka , melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) telah menggelar sosialisasi pendaftaran dan tahapan seleksi parade calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tahun 2024 di sekolah sekolah, SMA/SMK/ Negeri dan Swasta se-Kabupaten.

Jumat 19 April 2024. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Malaka, Dr. Yohanes Bernando Seran, SH., M.Hum, menyatakan

Paskibraka adalah bagian penting dalam setiap upacara HUT RI. Paskibraka bertugas untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI).Dalam rangka HUT ke-79 RI, bahwa sosialisasi ini sangat penting mengingat adanya sejumlah informasi baru terkait tahapan seleksi Paskibraka 2024.

Tidak hanya ada perubahan dalam pelaksanaan kegiatan, namun proses pendaftaran dan seleksi juga mengalami transformasi. Jika sebelumnya pendaftaran dilakukan secara manual, saat ini pendaftaran dan seleksi dilakukan secara daring di website https://paskibraka.bpip.go.id Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022

Lebih dalam Nando Seran Sapaan Singkat Doktor Hukum Internasional Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini

menjelaskan bahwa sebelumnya, calon peserta bisa langsung mengikuti seleksi fisik setelah mendaftar. Namun, tahun kemarin dan tahun ini, seleksi terbagi menjadi dua kategori, yaitu fisik dan nonfisik, dengan tujuh macam jenis seleksi. Setelah pendaftaran, berkas pelamar akan diverifikasi dan dinyatakan lulus Siswa akan mengikuti Seleksi Wawasan Kebangsaan sistem gugur dengan passinggrade 70. Setelah lulus tes wawasan kebangsaan siswa mengikuti tes TIU secara online. Setelah dinyatakan lulus, siswa selanjutnya mengikuti tes kesehatan dan parade.

Dengan sistem gugur kategori penilaian berupa memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS) Setelah dinyatakan lulus tes kesehatan dan parade. Jelas Doktor Nando

Ditambahkannya Siswa slanjutnya mengikuti tes PBB Kesemaptaan, dan Kepribadian akhir dengan penilaian akumulasi berupa perankingan. Kemudian 5 rangking terbaik di kabupaten Malaka akan dikirim untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi.

Dengan banyaknya perbedaan dalam proses seleksi calon Paskibraka 2024, pihaknya berharap peserta sosialisasi dapat mentransfer pengetahuan kepada siswa di sekolah masing-masing. Hal ini disebabkan oleh pembukaan seleksi yang lebih luas bagi semua siswa yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

 

Kaban Kesbangpol Dr. Nando Seran menegaskan bahwa tim seleksi terdiri dari Pemkab TNI Polri tidak akan melakukan perbedaan perlakuan antara satu calon dengan calon lainnya. Selain itu, setiap sekolah akan mendapatkan perlakuan yang sama dalam proses seleksi, dengan penilaian yang adil dan kesempatan yang sama untuk menjadi yang terbaik.

Tim seleksi Paskibraka 2024 melibatkan beberapa unsur, antara lain Unsur kepolisian Resor Malaka Kodim/1605 Belu Unsur Staf Bidang Badan Kesbangpol Kabupaten Malaka Dinas Pemuda dan olahraga Unsur Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Malaka serta unsur Purna Paskibraka Kabupaten Malaka

Dengan demikian, diharapkan proses rekrutmen Paskibraka Kabupaten Malaka tahun 2024 dapat berlangsung dengan transparan, objektif, dan merata bagi semua calon anggota Paskibraka. Harap Kaban Doktor Nando Seran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *