29 May 2024

74 Warga Desa Taaba Terima Bantuan Ternak Babi dari Pemerintah Desa

0
Spread the love

Sebanyak 74 kepala keluarga (KK) di Desa Taaba, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka mendapat bantuan ternak babi dari Pemerintah Desa Taaba.

Pemberian ternak babi tersebut merupakan implementasi dari program Pemberdayaan Masyarakat Desa pada sub bidang pertanian dan peternakan. Program ini juga menjadi salah satu prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2024 sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 7 tahun 2023.

Kemudian, pemerintah desa melaksanakan program strategis dari Pemerintah Kabupaten Malaka yakni Kebun, Kandang dan Kolam atau yang dikenal dengan tagline program 3K.

Pemerintah Desa Taaba membagikan ternak babi pada Jumat 12 April 2024. Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Desa Taaba, Ida Hoar Nahak didampingi oleh Pendamping Desa Kecamatan Weliman, Natalia Luruk, anggota BPD dan perangkat desa.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Taaba, Ida Hoar Nahak menjelaskan, bantuan ternak babi diberikan kepada kelompok masyarakat sebanyak 74 orang. Nama-nama penerima bantuan sudah tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Desa sesuai dengan hasil musyawarah desa yang dilaksanakan Selasa pekan lalu.

Lanjut Ida Nahak, bantuan ternak babi itu bertujuan untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga. Ketika babi sudah besar dan bisa dijual, hasilnya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Disamping itu, sebagian dari hasil penjualan babi, bisa disisihkan untuk membeli anakan babi baru supaya dipelihara secara berkelanjutan sehingga masyarakat tidak bergantung pada bantuan.

“Ternak babi yang dibagi ini, ada yang jantan dan juga betina. Untuk yang babi betina kalau beranak, maka otomatis bertambah. Kalau yang jantan, begitu babi sudah besar bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga”, kata Ida dengan nada motivasi.

Kades Ida berpesan kepada penerima bantuan supaya menjaga dan merawat ternak babi dengan baik agar suatu saat bisa menambah pendapatan rumah tangga. Sebagai kepala desa, ia akan selalu mengecek pertumbuhan dan perkembangan babi sebagai bentuk pengawasan dari pemerintah desa.

Tambah Ida, program bantuan ternak babi akan terus dilaksanakan setiap tahun mengingat potensi Desa Taaba adalah pertanian dan peternakan. Kemudian, program pembangunan tersebut sudah tertuang dalam RPJMDes yang kemudian dijabarkan dalam Rencana Kerja Pemerintah desa (RKPDes) setiap tahun.

Para penerima bantuan ternak babi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa yang telah memberikan bantuan ternak kepada masyarakat. Mereka menilai, bantuan tersebut sesuai dengan potensi desa dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Masyarakat penerima bantuan berkomitmen untuk menjaga dan merawat ternak babi dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. (Tim Media Desa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *