29 May 2024

Untuk Mencegah Bertambahnya Kasus Demam Berdarah Puskesmas Gondang Lakukan PSN

0
Spread the love

Tulungagung – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius dan dapat mengancam nyawa masyarakat.

Penyakit DBD sendiri adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya gigitan nyamuk aedes Aegypti yang sangat identik dengan musim hujan di daerah tropis atau subtropis.

Hal ini dikarenakan genangan air yang ada pada lubang atau barang-barang bekas akibat hujan menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan berbagai pencegahan yang dapat menghambat atau menghentikan perkembang biakan nyamuk di sekitar lingkungan kita.

Di wilayah UPT Puskesmas Gondang sudah terdapat 25 Kasus Demam, tetapi yang positif DBD sebanyak 5 kasus, kematian karena DBD tidak ada,
Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue Berikut ini adalah cara mencegah DBD yang dapat kita lakukan secara bersama di lingkungan sekitar kita dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Langkah ini biasa disebut dengan 3M Plus, yaitu:

Menguras tempat penampungan air,
Menutup tempat-tempat penampungan air, Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

Selain 3 M diatas yang dimaksud pada poin Plus antara lain, Menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk
Memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air,
Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, Menggunakan obat anti nyamuk, Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah
Melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama, Meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup
Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah untuk dikuras, Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar.

Sejumlah tantangan yang dihadapi dalam penanganan DBD, yaitu belum optimalnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit tersebut.

Selain itu, budaya pemberantasan sarang nyamuk juga belum optimal.

“Apalagi kalau kita lihat sekarang hujannya ini saya bilang aneh, hujan terus kemudian selama tiga atau empat hari panas,” ujar UPT Puskesmas Gondang.

Ini yang menyebabkan genangan dari hujan tersebut menimbulkan breeding places, menimbulkan sarang-sarang nyamuk yang menyebabkan nyamuk aedes aegypti semakin berkembang
Ada sejumlah strategi penanggulangan DBD, di antaranya manajemen risiko, meningkatkan akses layanan publik, penguatan surveilans, serta pelibatan masyarakat dan pemerintah.

Tercatat mayoritas penderita DBD yaitu anak anak, adapun upaya pencegahan DBD tersebut tanpa melakukan pengasapan/ fogging untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan.

Meski banyak riset menyebutkan banyak efek samping dari pengasapan (fogging) , tapi masyarakat tetap menginginkan fogging bila ada kasus DBD.

(Yud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *