29 May 2024

Kadivpas Kemenkumham Jatim dan Kalapas I Madiun Pimpin Takbir Keliling di Blok Hunian Sambut Idhul Fitri dengan Nuansa Kebersamaan

0
Spread the love

Madiun – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1445, Lapas Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar takbir keliling yang unik dan penuh makna, selasa (9/4/2024).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kadivpas Kemenkumham Jatim dan Kalapas beserta jajaran bersama warga binaan yang melaksanakan takbir keliling di sekitar blok hunian.

Acara ini menjadi simbol solidaritas dan kebersamaan antara petugas lapas dan warga binaan dalam menyambut hari kemenangan.

Takbir keliling ini diadakan pada malam hari, Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh para warga binaan, menunjukkan bahwa semangat keagamaan tetap terjaga meski berada di dalam Lapas. Para peserta takbir keliling berjalan mengelilingi blok hunian sambil mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil, yang membahana dan membawa suasana hikmat ke seluruh penjuru lapas.

Kadivpas Kemenkumham Jatim Asep Sutandar dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan takbir keliling ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan ruang bagi warga binaan untuk tetap merasakan kegembiraan menyambut Idhul Fitri, sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat tali silaturahmi antara warga binaan dengan petugas lapas.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, warga binaan dapat merenung dan mendapatkan hikmah dari Ramadan yang telah dijalani,” ujar Asep Sutandar.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono menyatakan Kegiatan takbir keliling di Lapas Kelas I Madiun ini merupakan bukti bahwa semangat Idhul Fitri bisa dirayakan di mana saja, termasuk di dalam lapas.

Hal ini juga menunjukkan upaya lapas dalam memberikan pembinaan mental dan spiritual kepada warga binaan, sebagai bagian dari proses rehabilitasi mereka.

(Ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *