29 May 2024

Kontes Bandeng Kawak 2024 dan Pasar Bandeng Gresik Berjalan Lancar

0
Spread the love

GRESIK – Kontes Bandeng Kawak Kabupaten Gresik 2024 kembali digelar di kawasan Wisata Heritage Bandar Grisse, Senin (8/4/24) berjalan meriah. Pasar Bandeng merupakan tradisi yang sudah ada sejak zaman Sunan Giri.

Agenda kontes Bandeng Kawak menjadi puncak serangkaian acara Pasar Bandeng sejak hari Jumat, 6 April 2024. Antusiasme masyarakat Gresik saat memadati area kontes bandeng tahun ini. Pasar Bandeng yang digelar beberapa hari ini ramai dikunjungi warga.

“Pasar Bandeng ini memiliki dampak secara umum, karena mengundang banyak sekali UMKM yang berjualan di sekitar Pasar Bandeng,” ucap Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan sambutan.

Menurutnya, Pasar Bandeng merupakan merupakan budaya warisan tak benda yang telah eksis sejak ratusan tahun lalu. Tepatnya bermula sejak zaman Raden Sunan Giri.

“Ini merupakan tradisi dan budaya yang turun-temurun sejak dari eranya Mbah Sunan Giri, Tradisi ini harus terus kita jaga dan rawat sebagai daya tarik khas Gresik untuk masyarakat dalam maupun luar Gresik,” ujarnya.

Di tempat yang sama, PJ Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Gresik yang telah melestarikan produk unggulannya yaitu bandeng. Dia menuturkan sebanyak 27% produk ikan bandeng di Jawa Timur berasal dari Kabupaten Gresik.

“Festival ini membuat masyarakat Gresik memiliki event khas dan mendorong wisata dan perekonomian Gresik, sehingga kami sangat mendukung karena kontes bandeng kawak ini perlu dilestarikan dan dikembangkan. Karena ekonomi akan bergerak dan budaya terlestarikan,” katanya.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom mengapresiasi acara tradisi pasar Bandeng dengan kontes bandeng khas Gresik ini.

“Tradisi pasar Bandeng merupakan tradisi turun temurun sejak zaman Sunan Giri luar biasa bisa, dirasakan masyarakat Gresik antusias, alhamdulilah berjalan lancar,” ujar Kapolres.

Sebagai informasi kontes bandeng kawak Juara I Bandeng seberat 13,1kg milik Syaifullah Mahdi dari Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Juara II Bandeng seberat 11 kg milik Askin dari Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Juara III Bandeng 8 kg milik Zainal Abidin dari Desa Watuagung, Kecamatan Bungah.

Mereka juga mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp.75 juta dengan rincian juara I Rp.30 juta, juara II Rp.25 juta dan juara III Rp.20 juta.

(Ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *