29 May 2024

Usung tema ‘Wali Songo’ Pos Pelayanan di Gresik Sediakan Berbagai Fasilitas Gratis Untuk Pemudik

0
Spread the love

GRESIK – Lebaran Idul Fitri 1446 Hijriah Polres Gresik mendirikan satu Pos Pelayanan dan empat Pos Pengamanan dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan mudik Lebaran. Pos-pos ini menyediakan sejumlah fasilitas gratis untuk pemudik yang pulang kampung melintasi Kota Santri.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom menjelaskan, Pos Pelayanan berdiri di kawasan Masjid KH Ahmad Dahlan, Bunder. Sementara Pos Pengamanan tersebar di Simpang 4 Legundi, Res Area KM 732 Wringinanom, Alun-alun Gresik dan Simpang 3 Manyar.

“Pos Pelayanan berada di Bunder. Karena ini lokasinya berada di titik simpul arus lalulintas mudik. Sehingga dari sisi personel tentu lebih banyak, dan banyak fasilitas yang disediakan untuk pemudik,” ujar Kapolres Gresik.Minggu (07-04-2024).

Pihaknya mendirikan pos-pos tersebut dengan mengusung tema Wali Songo. Yakni sembilan wali pembabat alas penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Seperti diketahui, di Kabupaten Gresik ada dua makam pesohor Wali Songo, Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) dan Makam Sunan Giri.

“Untuk tahun ini mengusung tema Wali Songo. Salah satu identitas yang lekat dengan Kabupaten Gresik. Seluruh pos temanya sama.

Misalnya di Pos Pelayanan ini, dari desain bangunan kami sesuaikan dengan tema. Ada pula gambar para Wali Songo berikut penjelasan ceritanya.

Sehingga bisa sekaligus edukasi, terutama bagi pemudik anak-anak yang mampir ke pos,” tandasnya.

Pos Pelayanan yang berdiri dua lantai tersebut terlihat tampak megah. Pintu masuknya didesain seperti gapura Giri Kedaton. Dilengkapi ornamen-ornamen khas serta tersedia fasilitas yang bisa dimanfaatkan saat mudik Lebaran.

“Kami menyediakan berbagai fasilitas layanan gratis di sini. Ada pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan tradisional meliputi totok wajah, bekam dan pijat. Kemudian ruang ibu menyusui, kursi pijat, ruang bermain anak dan tempat istirahat. Ada pula layanan service gratis untuk kendaraan yang mogok saat perjalanan mudik,” tukasnya.

Sementara Kasat lantas Polres Gresik AKP Derie Fradesca mengimbau para pemudik yang melintasi Kabupaten Gresik agar memanfaatkan pos-pos yang sudah kita sediakan untuk istirahat selamat perjalanan menuju kampung halaman.

“Apabila kondisi lelah jangan memaksakan berkendara. Utamakan keselamatan, keluarga menunggu di rumah,” tutup Kasat Lantas.

(Ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *