29 May 2024

Keluarga Besar Moms Ocha Berbagi Zakat mall Menjelang Akhir Ramadhan

0
Spread the love

SURABAYA – Zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang memiliki harta melebihi nisab (Batas Minimal) dan telah mencapai haul (Masa Kepemilikan) selama satu tahun hijriyah.

Zakat mal berlaku untuk harta-harta seperti emas, perak, uang, ternak, hasil pertanian, perdagangan, profesi, pertambangan, dan lain-lain.

Kali ini yang di lakukan keluarga besar Verna Yuliastuti ini patut di contoh pada kalangan orang orang yang mendapatkan rejeki lebih dari Allah setiap tahun Verna yang berprofesi sebagai aktifis Ormas Ami dan juga menjabat sebagai bendahara dari Fast Respon Counter Polri ini jatim ini melakukan berbagi zakat Mall untuk di bagikan pada kaum Dhuafa, Senin 8 April 2024, di malam 29 Ramadhan 1445 Hijryah.

Alhamdulillah Tabarokallah sudah 5 tahun ini berturut turut kami bisa mengeluarkan zakat mall untuk harta benda yang kami miliki sekeluarga.

“Semuanya berkat Allah Subhanallah Taallah yang selalu melimpahkan rejeki pada keluarga kami,” Ungkap Verna atau yang lebih di kenal bebutan Moms Ocha ini sekaligus anggota Mt.com

Zakat merupakan harta tertentu yang dikeluarkan apabila telah tercapai syarat yang diatur sesuai aturan agama, zakat hanya bisa dikeluarkan kepada 8 aznaf penerima zakat.

Menurut bahasa “zakat” berarti tumbuh, berkembang, subur atau bertambah.

Makna tumbuh, berkembang, subur atau bertambah menunjukan bahwa mengeluarkan zakat sebagai sebab adanya pertumbuhan dan perkembangan harta, pelaksanaan zakat itu mengakibatkan pahala menjadi banyak.

Zakat juga berasal dari kata “Zaka” yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang, dinamakan zakat karena didalamnya terkandung harapan untuk memperoleh keberkahan, membersihkan jiwa, dan memupuk berbagai kebaikan.

Makna suci disini menunjukan bahwa zakat merupakan cara untuk mensucikan jiwa dari kejelekan, kebatilan, dan pensuci dari dosa-dosa dalam Al-Qur’an disebutkan, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.

Semoga apa yang kita lakukan kebaikan di bulan suci ramadhan ini berkah dunia akhirat, Amin ya robbal alamin,” ungkap yant korwil jatim sekaligus Ketua DPW Frn counter polri.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *