16 April 2024

Tokoh Adat Aparat Desa Harap Bantu Kepala Desa Menghimpun Data Kependudukan 

0
Spread the love

Tokoh Adat aparat desa diharapkan membantu kepala desa menghimpun data kependudukan di setiap desa untuk tertib administrasi.

“Terlebih bagi warga yang belum memiliki KTP eletronik (e-KTP), kartu keluarga dan akta kelahiran, itu harus didata. Kami meminta tokoh adat berperan membantu camat, dan kepala desa untuk membantu menghimbau menghimpun data warganya masing-masing terkait masalah ini,” kata Bupati Malaka Dr. Simon Nahak,S.H.,MH. Disela membuka bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Disdukcapil Kabupaten Malaka, Bimtek terkait Pelayanan pencatatan sipil bagi petugas registrasi desa di kabupaten malaka tahun 2024. Bertempat di Kantor Camat Kobalima Kabupaten Malaka Provinsi NTT Senin 18 maret 2024

lebih lanjut Bupati Simon Nahak , mengatakan Mobilisasi penduduk di Malaka terbilang cukup tinggi di Setiap bulan cukup banyak pendatang dari luar daerah, namun tidak sedikit pula warga yang meninggalkan Malaka

Pendataan penduduk sangat penting agar seluruh penduduk yang menetap di Malaka terdata sesuai aturan. Jika tidak terdata, maka warga tersebut akan sulit mendapatkan haknya dalam berbagai pelayanan, khususnya yang menyangkut keharusan adanya bukti administrasi kependudukan.

“Untuk mengatasi masih banyaknya warga yang belum memiliki e-KTP, tokoh adat tokoh masyarakat bekerja-samalah dengan pemerintah kecamatan, dan desa, sehingga perekaman itu dipermudah, tidak perlu ke Disdukcapil. Warga cukup merekam data di tingkat kecamatan.

Misalnya di tingkat Kecamatan, terdapat lima desa. Program ini berhasil dilaksanakan karena kesadaran kepala desanya cukup tinggi untuk membantu pembuatan administrasi warganya. Apalagi, anggaran desa sudah cukup besar sehingga dirasa mampu untuk memfasilitasi pendataan ini.

“Pemerintah desa wajib mendata penduduknya karena mereka yang lebih tahu siapa saja yang belum merekam e-KTP. kata Simon Nahak Bupati Malaka. (Edi.S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *