16 April 2024

Bupati Malaka Segera Cek Pengelolaan Bumdes di Setiap Desa

0
Spread the love

Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H mengatakan dalam waktu dekat dirinya bersama instansi tekhnis terkait akan segera mengecek keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di setiap desa, sehingga bisa diketahui secara persis pergerakannya dalam membantu ekonomi masyarakat di desa.

“Saya akan segera bertemu dengan Camat, Kepala Desa dan para pengelola Bumdes untuk mengetahui secara jelas bagaimana perjalanan Bumdes selama ini di setiap desa,” ujar Bupati Malaka saat dikonfirmasi Senin, 18 Maret 2024 di Betun.

Lanjut Bupati SN, selama ini banyak desa yang dalam mengelola anggarannya, menjadikan Bumdes sebagai salah satu lokomotif ekonomi melalui Dana Desa.

“Sehingga kita harus tahu progressnya dalam kaitan dengan pertanggungjawaban keuangan,”

“Karena saya mendapat informasi bahwa banyak desa yang belum dapat mempertanggungjawabkannya secara baik. Makanya kita akan duduk bersama untuk mendapatkan solusi atau jalan keluar terkait persoalan-persoalan yang dihadapi,” tandas Bupati.

Bupati Malaka yang juga praktisi Hukum Pidana ini menambahkan, Bumdes harus mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan dan roda perekonomian di setiap desa.

“Jangan sampai dengan anggaran yang besar dari Dana Desa, hanya untuk kepentingan pengurus Bumdes atau orang-orang tertentu. Ini yang tidak kita inginkan,” ungkapnya lagi.

Sebagai informasi, Bumdes merupakan salah satu cara untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa dan meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Bumdes merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Bumdes sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa.

Tugas Bumdes yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi daerah yang berbasis pada potensi desa dan berorientasi pada kearifan lokal. (Red/Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *