16 April 2024

Bupati Simon Nahak, Hadiri Pemindahan Benda Pusaka Rumah Adat Lo,o oan Weulun

0
Spread the love

libasmalaka.com- Keluarga Besar Rumah Adat Uma Adat uma Lo,o oan Weulun, desa weulun, kecamatan wewiku kabupaten Malaka secara khusus menggelar ritual adat pemindahan benda pusaka leluhur.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H, didampingi Kabag Protokol, Ferdinand Hendro Babu, S.IP, Kabag Kesra, Irene Maria Taolin,

Kabid Kominfo,Herry Klau, turut hadir Kapolsek Malaka Barat IPTU Mathernus, S.H,

Prosesi pemindahan benda-benda pusaka ini dilakukan pasca renovasi Rumah selesai dikerjakan karena termakan usia.

Prosesi itu dilakukan dengan mengarak benda-benda pusaka tersebut ke rumah adat yang sudah dipugar dengan iringan tarian bibiliku.

Paulus Seran Manekin, salah seorang Ketua Adat mengatakan hal tersebut di sela-sela kegiatan itu berlangsung, Rabu, 13 Maret 2024.

Kepala Desa Weulun, Dominikus Tae Seran ketika dikonfirmasi mengungkapkan proses pemindahan benda-benda pusaka warisan leluhur seperti tongkat kerajaan dan peralatan lainnya ini, dilakukan setelah rumah adat sudah selesai direnovasi.

Sebelumnya, lanjut telah dilakukan renovasi karena sudah termakan usia. Pada renovasi inipun didahului dengan rapat bersama suku-suku setempat seperti Suku Uma Loo Inan, Uma Fetora, Uma Rawan, Uma Rawan Oan

untuk menentukan tanggal kepastian sehingga ketiga suku pada rumah adat yang ada membangun kembali.

Kepala Desa Weulun pun menambahkan kegiatan seperti ini untuk mengimplementasikan program Bupati Malaka Dr. Simon Nahak.

“Kegiatan seperti ini untuk mengimplementasikan program Sakti Bupati dan Wakil Bupati Malaka,” ujarnya.(Edi.S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *