16 April 2024

Bupati Malaka Segera Naikkan Insentif Lembaga Kemasyarakatan Desa

0
Spread the love

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH., M.H. dalam waktu dekat akan segera menaikkan insentif bagi Lembaga Kemasyarakatan Desa seperti Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang dananya bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD).

Selain LKD seperti RT dan RW, Bupati Simon juga akan menaikkan insentif bagi seluruh Kader Posyandu yang ada di Kabupaten Malaka yang dananya bersumber dari Dana Desa (DD).

Hal itu disampaikan Bupati Malaka didampingi Kepala Dinas PMD Malaka Rochus Gonzales Funay Seran saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu, 17 Januari 2024.

“Dalam waktu dekat di tahun 2024 ini, Saya akan segera menaikkan insentif bagi seluruh perangkat RT dan RW di seluruh desa di Kabupaten Malaka, tentunya melalui kajian teknis dan regulasi,” ungkap Bupati.

Ditanya besaran atau angkanya, orang nomor satu Malaka ini mengatakan untuk RT insentifnya sebesar Rp. 150 dari sebelumnya Rp. 100 ribu per bulan. Sedangkan untuk jabatan RW dari Rp. 125 ribu menjadi Rp. 175 ribu per bulannya.

“Intinya kita melakukan penyesuaian-penyesuaian yang perlu dengan memperhatikan aturan atau regulasi dan kondisi yang ada di daerah. Memang nampaknya angka ini masih minim, akan tetapi dari waktu ke waktu kita akan tetap memberikan perhatian penuh,” ujar Dosen Hukum Pidana Universitas Warmadewa Bali ini.

Sementara insentif untuk Kader Posyandu, Pemerintah Kabupaten Malaka akan menaikkannya menjadi Rp. 250 ribu dari angka sebelumnya Rp. 150 ribu.

“Pemerintah Kabupaten Malaka yang sedang fokus pada upaya penurunan angka stunting, harus juga memberikan perhatian kepada Kader Posyandu yang terus berjuang bersama masyarakat di tingkat paling dasar untuk upaya tersebut,” katanya lagi.

Menurut Bupati SN, Kader Posyandu sebagai salah ujung tombak di lapangan harus memperoleh bentuk perhatian serupa.

“Seperti RT dan RW, walau masih sangat minim upaya menaikkan insentif ini harus kita tempuh karena Pemerintah sangat menyadari akan peran aktif dan penting bagi perangkat yang ada di tingkat paling bawah,” tutur Bupati.

Kadis PMD Malaka, Rochus Funay Seran pun mengetengahkan akan segera menyusun regulasinya sebagai payung hukum, atas gagasan Bupati Malaka tersebut.

“Kami mengapresiasi dan mendukung niat Bupati untuk meningkatkan insentif Lembaga Kemasyarakatan Desa. Sebenarnya permintaan untuk meningkatkan stimulan bagi LKD sudah diwacanakan sejak lama tetapi baru bisa direalisasikan tahun ini.”

Lebih lanjut alumni Magister Ekonomi Pembangunan UGM ini menambahkan bahwa setelah dilakukan kajian, kebijakan tersebut dimungkinkan untuk diimplementasikan. Regulasi memungkinkan, anggaran tersedia.

Sebagai tindklanjut, kami akan segera siapkan aturan dan payung hukumnya, sehingga dalam waktu dekat segera dieksekusi. Kami berharap, dengan naikknya insentif ini, walau tidak terlalu signifikan akan memacu para perangkat seperti RT, RW dan Kader Posyandu untuk bekerja maksimal di lapangan,” tutup Rochus.

 

Sumber : kominfomalaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *