16 April 2024

Uskup Domi Taruh Harapan Besar Untuk Malaka 

0
Spread the love

Uskup Atambua Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr menaruh harapan besar bagi Kabupaten Malaka yang ada di wilayah Keuskupan Atambua di bidang pertanian. Menurut Uskup, Kabupaten Malaka menjadi salah satu kabupaten yang potensi pertaniannya sangat menjanjikan untuk komoditi jagung, padi dan kacang di samping komoditi lainnya.

“Sebagai Uskup, Saya menaruh harapan besar untuk Rai Malaka yang bisa memberikan jawaban untuk kesejahteraan dan kemanusiaan,” demikian diungkapkan Uskup Domi saat membawakan sambutan di sela-sela Perayaan Ekaristi Pemberkatan Benih di areal persawahan Bakateu, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Selasa, 16 Januari 2024.

Dosen Filsafat Seminari Tinggi Santo Mikhael Penfui Kupang ini mengetengahkan, Kabupaten Malaka adalah tanah yang sangat subur dan bisa menjadi salah satu daerah penyokong di bidang pertanian.

“Saya pernah melewati areal persawahan di daerah ini dan mengelilingi daerah-daerah di Malaka. Saya melihat tanahnya sangat subur dibanding kabupaten lain di wilayah Keuskupan Atambua. Jika potensi pertanian ini benar-benar diberdayakan, masyarakat tidak akan pernah menderita kelaparan,” tutur Uskup yang memilih motto tahbisan Uskupnya Vos Amici Mei Estis.

Sebagai Uskup, Mgr. Domi pun mendukung konsep 3 K (Kebun, Kandang, Kolam) yang digagas Bupati Malaka. Konsep tersebut menurut Uskup sangat bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat.

 

“Apalagi hampir 80 persen warga di Malaka hidup dari pertanian. Konsep 3 K ini jika diterapkan di setiap rumah, Saya yakin masyarakat tidak akan susah,” ujarnya lagi.

 

Sementara terkait Perayaan Ekaristi Pemberkatan Benih sebelum ditanam, Uskup Domi menekankan bahwa ini sebuah langkah maju dan sangat tepat, yang dipilih oleh masyarakat.

 

“Perayaan Misa ini sebagai sebuah langkah yang tepat untuk menyadarkan umat bahwa setiap usaha, setiap pekerjaan harus dipercayakan kepada Tuhan sehingga hasil yang diperoleh pun karena berkat Tuhan. Kegiatan seperti ini harus menjadi sebuah pegangan baru masyarakat. Karena apa yang kita peroleh di dunia ini semata-mata karena perkenanan Tuhan,” kata Uskup yang ditahbiskan tahun 2007 ini.

 

Uskup Domi juga terus mengharapkan adanya kerja sama yang harmonis, sinergisitas yang baik antara pemerintah dan gereja untuk bersama-sama memajukan masyarakatnya.

“Kerja sama selama ini sudah terjalin baik. Harus tetap kita pertahankan sehingga perjuangan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan kemanusiaan mendapat tempat terhormat di hati setiap orang,” tutupnya.

Dalam Perayaan Ekaristi tersebut, Uskup Domi bersama para imam memberkati benih yang dibawa umat dari rumahnya untuk ditanami pada musim tanam ini. Perayaan Ekaristi mengambil tema Aku Menanam, Apolos Menyiram dan Tuhan yang Menumbuhkan.

Usai Perayaan Ekaristi, Uskup Atambua bersama Bupati Malaka dan para Pastor menaburkan benih padi secara simbolis pada lahan yang sudah disiapkan.

(kominfomalaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *