16 April 2024

Tutup Kegiatan Bupati Malaka Bangga 91 Peserta Keterampilan Tenun Ikat Lulus 

0
Spread the love

libas-malaka.com-Tutup Kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2023 Jenis Keterampilan Tenun ikat yang diikuti 91 peserta durasi Waktu 200 Jam Pelajaran, Bupati Malaka Dr.Simon Nahak,S.H.,M.H merasa Bangga karena sebanyak 91 peserta yang mengikuti PKW semua lulus.

Program tersebut terselenggara berkat kolaborasi antara Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendristek RI),  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Malaka kerjasama dengan usaha kecil dan menengah (UMKM) Tenun Ikat Marian, UMKM Tenun Ikat Sekar Leon, dan UMKM Tenun Ikat Puspita, Usaha Perbankan Bank NTT dan Platform Digital Shopee berlangsung di aula Gereja Santa Maria Fatima Betun Kabupaten Malaka Provinsi NTT Selasa 19 Desember 2023

Sebelumnya

Bupati Malaka Resmi Buka Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha

Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Pelatihan Tenun Ikat Merupakan Kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Direktoral Jenderal Pendidikan Vokasi dengan Dekranasda Kabupaten Malaka dengan sasaran anak-anak usia 15-25 tahun yang sedang tidak berproses ( tidak sedang sekolah).

Ketua Dekranasda Kabupaten Malaka,drg. Maria Martina Nahak, M. Biomed dalam laporannya menyampaikan,tujuan kegiatan pendidikan PKW Sebagai upaya dalam melestarikan Tenun Ikat baik futus maupun fafoit di Malaka. Adanya peningkatan ekonomi dalam keluarga.

Foto Istimewa Dokumen Fahmi

Jumlah Peserta didik sebanyak 91 orang Yang Terdiri Dari,

Kecamatan Malaka Tengah 39 Orang,Kecamatan Kobalima,16 Orang,Kecamatan Malaka Barat, 9 Orang,Kecamatan Rinhat 3 Orang,Kecamatan Weliman 2, Orang ,Kecamatan Wewiku, 8 Orang Kecamatan Malaka Timur 1 Orang,Kecamatan Laen Manen 2 Orang, Kecamatan Sasitamean 4 Orang Kecamatan Kobalima Timur 7 Orang

Foto Istimewa Dokumen Fahmi

Lanjut Ketua Dekranasda, Ny.Maria Martina Nahak, Dapat Kami Laporkan bahwa dari seluruh lembaga Dekranasda Provinsi Maupun Kabupaten yang mendapat program Dekranasda Kabupaten Malaka tercatat sebagal lembaga yang mendapat kuota paling besar yakni sebanyak 91 orang, dan semua merupakan hasil kerjasama Tim Kecil kami yang begitu kompak. Katanya

Foto Istimewa Fahmi

Dikatakan Kegiatan Orientasi PKW Pelatihan Tenun Ikat berlangsung selama 3 hari yakni Pada tanggal 18 s/d 20 Oktober 2023 sedangkan Proses Pembelajaran Peserta Didik selama 50 hari yakni tanggal 20 Oktober 2023 s/d 20 Desember 2023.

Bupati Simon Nahak, dalam memberikan motivasi kepada peserta mengatakan, pelatihan yang sudah dibuka sejak bulan Oktober lalu tentunya tidak mudah dan sangat menyita waktu “Kalau program seperti ini berjalan baik, tentunya kita memiliki alasan untuk munculkan program ini kembali di tahun yang akan datang, ”katanya.

“Bagi saya. Ini suatu kebanggaan yang luar biasa kepada peserta. karena mau meninggalkan kebiasaan kebiasaan malas dan pasrah pada kenyataan hidup

Ingat anak anaku dan ade – ade sekalian, Bupati Simon Nahak mengingatkan kepada peserta, “Tidak semua yang sekolah tinggi itu berhasil, tidak pula semua orang pintar itu sukses, kemungkinan disekolah dia sangat pintar namun dilapangkan belum tentu sukses bekerja

Lanjut Bupati Simon, Ini Suatu kegiatan yang sangat positif, dengan demikian disinilah kita bisa membuktikan diri kita bahwa kita termasuk bagian dalam memajukan kabupaten Malaka. Mulai dari siapa kalau bukan dari kita.

Bae Sonde Bae tanah Malaka lebih baik cintailah Malaka .Kalau kita sudah mencintai Malaka maka terpikir dibenak kita untuk melakukan apa yang harus dilakukan demi Malaka tercinta. Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Simon menyerahkan sertifikat kelulusan juga menyerahkan bantuan peralatan tenun kepada para peserta pelatihan.

Usai menutup kegiatan Bupati simon dan rombongan Pimpinan SKPD yang hadir membeli kain tenun ikat hasil karya peserta PKW bahkan tidak tanggung – tanggung ada yang memborong dalam jumlah banyak  karena harga sesuai kualitas. (Edi.S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *