16 April 2024

KPU Malaka Gelar Sosialisasi Rakor Tentang kampanye & Dana Kampanye Pemilu 2024

0
Spread the love

libas-malaka.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka Gelar Sosialisasi dan rapat koordinasi (Rakor) tentang kampanye dan dana Kampanye pada pemilu tahun 2024 bertempat di aula lantai 3 hotel Nusa dua Betun Ibukota Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur Rabu tanggal 22 November 2023.

Diketahui, selain pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu Se-kabupaten Malaka rakor yang dilaksanakan KPU Malaka melibatkan Bawaslu dan TNI dari kesatuan Kodim 1605/Belu – Anggota Polri, dari Personil Polres Malaka

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Malaka Yuventus A Bere S.kel, dalam sambutannya menyampaikan, jelang kampanye nanti, pihaknya akan selalu berkordinasi dengan instansi terkait, mengenai penentuan dan penyediaan lokasi kampanye.

Dalam Rakor. Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM) Dionisius Bau Berek, menyampaikan beberapa Materi penting kepada peserta diantaranya. Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 182, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6109);

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2023;

Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum, dan Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 1249/PL 01.6-SD/05/2023 tanggal 30 Oktober 2023 perihal Penetepan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pemilu Tahun 2024.

Juru bicara Juga Ketua Divisi Hukum Dan Pengawasan, KPU Malaka Stefanus Manhitu, S.Pd, saat dijumpai Awak media, menjelaskan, bahwa partai politik wajib memiliki rekening terkait dana kampanye dan melaporkan penggunaan keuangan kampanye.

Manhitu, mengatakan partai politik (parpol) dapat menggunakan atau mengakses aplikasi sistem informasi kampanye dan dana kampanye termasuk dalam penyampaian penggunaan keuangan kampanye yang merupakan kewajiban untuk dilaksanakan partai politik.

Menurut Manhitu, dana kampanye bisa bersumber dari penyumbang baik perorangan maupun perusahaan yang sudah ditetapkan dalam aturan yang berlaku.

“Itu yang benar-benar harus dipahami oleh partai politik yang berkaitan dengan dana ataupun sumber dana kampanye hingga pelaporan penggunaan keuangan kampanye,” ucapnya

Manhitu menambahkan laporan keuangan dana kampanye partai politik nantinya akan diaudit oleh akuntan publik. Sehingga wajib bagi partai politik melaporkan penggunaan dana kampanye setelah masa pemungutan suara mendatang.

Dirinya berharap semua tahapan pemilu termasuk masa kampanye di Kabupaten Malaka dapat berjalan aman dan lancar sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. bilang Stefanus Manhitu. (Edi.S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *