16 April 2024

Pelaku Usaha Mikro Kecamatan Malaka Timur Ikut Sosialisasi OSS- RBA

0
Spread the love

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malaka terus melaksanakan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko bagi pelaku usaha kecil menengah Sektor Perekonomian Mikro di aula kantor Kecamatan Malaka Timur pada hari Kamis (09/11/2023) dengan sasaran pelaku usaha Kios/toko dan Meubeler.

Sosialisasi tersebut dihadiri 20 peserta pelaku usaha dengan 2 (dua) narasumber. Dua dari narasumber tersebut yakni pemateri pertama DR. Bernando Seran, SH.MHum, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Keamanan Kab. Malaka dengan materi Pentingnya Pelaku Usaha Memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) Perizinan Berbasis Resiko Melalui Online Single Submission (OSS). Pemateri ke dua dari Dinas Komunikasi dan Informatika, Tarcisius Manek Roman, S.Sos., M.Si., dengan judul Implementasi tantangan dan hambatan penerbitan Perizinan Berusaha RBA.

Acara Sosialisasi dimulai yang di mulai pada Pukul 10.00 Wit dipandu oleh Kabid Pengendalian Penanman Modal Wihelmus Lutan, S Sos., M.AP,

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab. Malaka Vinsensius Babu, S.Pi.,M.AP ketika membuka giat sosialisasi tersebut mengatakan Sosialisasi ini bagian penting dari kita mengimplementasikan OSS-RBA agar pelaku usaha tdak ragu dalam mengurus Izin, karena resiko berusaha maka setiap pelaku usaha wajib miliki ijin usaha ada usaha harus ada izin karena kita hadir untuk mempermudah layanan perizinan dan penerbitan ijin bisa terjadi hari ini. kata vinsen.

Kegiatan Sosialisasi dihadiri Sekcam Malaka Timur Bernadus Nahak S.IP bersama Kepala Desa Dirma.

Nadus mengatakan Kami sangat berterima kasih kepada DPMPTSP yang sudah memfasilitasi teman-teman pengusaha ekonomi kios/Toko dan meubeler agar mereka memperoleh izin usaha dengan melaksanakan dan mengundang peserta dari desa desa yang ada di malaka timur.

Dari hasil bimbingan teknis tersebut diharapkan pelaku usaha mengetahui penggunan aplikasi OSS, mengetahui pentingnya perizinan (NIB) dan dapat memenuhi kewajiban perizinan tersebut, serta dapat semakin memahami standar usaha dan tata pengurusan izin tersebut.

Pada kegiatan Sosialisasi pelaku usaha juga diberikan semangat agar dapat berinovasi.

Di akhir acara sosiaalisasi kepada empat pelaku usaha yany dokumen sudah terbit langsung di serahakan kepada pelaku usaha. Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP menyerahkan dokumen kepada pelaku usaha.(Tr-Edi.S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *