16 April 2024

DPMPTSP Kabupaten Malaka Gelar Sosialisasi Pelayanan Perizinan OSS-RBA TAHAP II

0
Spread the love

libas-malaka.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka Provinsi NTT Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malaka kembali menggelar Kegiatan Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) Tahap II di enam kecamatan.

Kegiatan di buka Kepala Dinas PTSP Kabupaten Malaka Vinsensius Babu, S.Pi., M.AP,Dalam sambutan dalam giat tersebut mengatakan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha yang berada di wilayah kabupaten Malaka hari ini kita di kecamatan Kobalima Timur dan kemarin di kecamatan botin leobele. mengenai prosedur perizinan berusaha kita terus mengupayakan perizinan yang lebih mudah, cepat, dan transparan melalui sistem OSS-RBA.dan kemudahan yang ditawarkan melalui sistem OSS-RBA untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

ini amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Bebas Resiko, Melalui Sistem Online Single Submission (OSS).

Vinsen Babu mengatakan kegiatan sosialisasi untuk Tahap pertama sudah selesai di enam kecamatan yakni Kecamatan Wewiku, Malaka Barat, Rinhat, Weliman, Malaka Tengah dan Kobalima.

Saat ini kita masuk tahap II yg kegiatan sdh dilaksanakan kemarin 7/11/23 di kecamatan Botin Leobele dan hari ini di kecamatan Kobalima Timur. kita terus mendorong sehingga para pelaku usaha kecil menengah mendapakan kemudahan pelayanan perizinan karena ada kemudahan untuk mendapatkan ijin berbasis teknologi digital yang di akses melalui online single submission (OSS),

 

“kita cukup siapkan saja KTP elektrik, NPWP usaha dan untuk login ke OSS butuh juga email aktif dari pelaku usaha tegas Vinsen.

Sosialisasi  OSS-RBA  Tahap II ini dihadiri Camat, Sekcam dan kepala desa serta peserta pelaku usaha yg sdh ada usaha dan yg baru melakukan usaha.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan Nara Sumber yang berkompoten di bidang pelayanan perizinan baik pejabat eselon 2 dan pejabat Eselon 3.Dr. Bernando seran, SH. M.Hum dalam materinya menegaskan tentang pentingnya pelaku usaha memiliki Ijin sebagai suatu legalitas bagi setiap pelaku usaha. supaya setiap pelaku usaha perlu difasilitasi dan diberikan dokumen Usaha karena dapat melindunggi kita dalam berusaha.

Sedangkan Tarcisius Manek Roman, S.Sos. M.Si dalam materinya mengatakan era globalisasi saat ini setiap pelaku usaha di tantang untuk berkompetisi dalam dunia usaha kecil menengah.

sedangkan Camat kobalima Timur,Gaudentia Rafu Nahak, A,Md.Keb, mengatakan akan berupaya dan berkoloborasi dengan kepala desa untuk mendata setiap pelaku usaha di desa supaya yg belum memiliki ijin kita sampaikan kepada pelaku usaha untuk mengurus di DPMPTS. tegasnya

Di sela sela kegiatan para petugas periijnan berhasil mengeluarkan dua dokumen ijin kepada pelaku usaha

Sumber : Diskominfo Malaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *