16 April 2024

Ketua TP-PKK Kabupaten Malaka Tekankan Ajarkan Anak Paud Etika Dalam Pendidikan

0
Spread the love

Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. (TP- PKK) Kabupaten Malaka drg. Maria Martina Nahak M. Biomed, menekankan bahwa mengajarkan anak Paud tentang etika dalam pendidikan sejak usia dini sangat penting. Karena etika berdampak pada perilaku serta memiliki peran dalam mengatur hidup seseorang hingga dewasa.

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan Kerja ke Tiga Sekolah Paud di Desa Umalor, kecamatan Malaka Barat, kabupaten Malaka, Senin 9 Oktober 2023.

“Pentingnya mengajarkan anak paud etika dalam pendidikan, termasuk mempraktikannya di bidang pendidikan, karena etika akan membantu menetapkan standar tentang apa yang dapat diterima dan apa yang tidak oleh anak-anak sejak usia dini”, Ujar bunda Maria Nahak.

Sehingga anak-anak paud tambahnya, dapat menjadi generasi penerus yang beretika dan berkarakter baik, masa depan yang baik, dan bisa bersaing di dunia pendidikan dengan anak-anak dari daerah lain.

Ketua TPP PKK juga menyampaikan bahwa paud bersinergi dengan posyandu dan Paud yang didalammnya ada kegiatan posyandu maka sudah bisa dikategorikan paud holistic integrative yang terintegrasi antara pendidikan, kesehatan, dan gizi serta pola pengasuhan dan perlindungan.

Untuk itu, secara fisik jelas BUnda Maria Nahak, gedung yang di gunakan oleh Pengelolah Paud Tualulik sudah masuk dalam kategori holistic integrative, karena gedung tersebut juga digunakan untuk kegiatan posyandu, selesaikan urusan terkait administrasi dan masukan kesystem portalnya sehingga ini kita jadikan salah satu paud yang digolongkan menjadi Paud HI atau disebut dengan Paud Holistic Integratif.

Tujuan kunjungan Ketua TP PKK hari ini untuk melihat pembelajaran yang ada di tiga sekolah paud.

“Terimaksih kepada pengelolah paud dan pendidik yang telah mengajarkan anak-anak untuk mengucapkan sapaan awal secara adat saat menerima tamu, meskipun masih sederhana tetapi tanamkan budaya diusia dini seperti ini kedepan budaya kita tidak akan punah”,,ujar Bunda Nahak.

Bunda Maria Nahak juga berpesan kepada orang tua, dan para kader yang hadir agar melakukan pola asuh anak yang baik, dalam hal ini memberi makan kepada anak stunting dengan mengkonsumsi daun kelor.

“Pola Asuh anak sangat penting, sehingga diharapkan orang tua khususnya bagi ibu-ibu agar memberikan makanan yang berkalsium tinggi seperti daun kelor, jauhkan dari anak minuman ringan atau makanan instan, sehingga angkah stunting di kecamatan Malaka Barat dapat berkurang”, pesan Bunda Maria Nahak.

Oleh karena itu, Bunda Maria Nahak berharap setiap rumah yang memiliki pekarangan masih luas, dapat digunakan untuk menanam kelor sebanyak lima pohon, sehingga setiap hari anak-anak dapat mengkonsumsi daun Kelor sebagai pengganti susu.

Pada kesempatan yang sama, Bunda Maria Nahak berkesempatan memeriksa APE paud Tualulik dan melihat masih banyak kekurangan dan kekurangan tersebut akan segera diatasi dalam waktu dekat.(oc/ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *