16 April 2024

Umat Katolik Lingkungan Betun Kota B. Jemput Patung Bunda Maria

0
Spread the love

Dalam rangka pembukaan bulan Rosario, Sejumlah umat Katolik paroki santa Maria Fatima Betun khusus Umat Lingkungan Betun Kota B, melakukan perarakan patung Bunda Maria, Sabtu (7/10/2023).

Kegiatan ini merupakan Tradisi umat Katolik yang ada di Wilayah Kabupaten Malaka. kegiatan ini merupakan tradisi yang sdh dilakuan secara turun temurun sejak Tahun 1960-an. kegiatan perarakan dilakukan sebagai wujud rasa syukur terhadap berkat pemberian alam bersama Bunda Maria.

Tepat pukul 17.00 WIT. Perarakan dimulai dari Umasukaer B menuju Lingkungan Betun Kota B.

Kegiatan Perarakan Patung Bunda Maria ini menjadi satu momen dan spirit yang digaungkan dalam pembukaan bulan Rosario. Kegiatan ini juga untuk mengenalkan tradisi kepada Anak-anak atau masyarakat yang belum mengenal tradisi bulan Rosario.

Ketua Lingkungan Betun Kota B. Yohanes Di, dalam kesempatan itu mengatakan kegiatan Perarakan Bunda Maria merupakan salah satu kegiatan untuk mengenalkan sebuah tradisi Katolik dan berdoa. Perarakan ini dilakukan untuk umat katolik berdoa melalui perantara bunda maria. selain itu kami juga ingin menunjukkan lebih mengenai suasana kerohanian sehingga teman-teman dari agama lain seperti Islam, Kristen Protestan, Budha, Hindu mengenal bahwa ini adalah tradisi Perarakan Patung Bunda Maria dan mengenalkan budaya atau tradisi dari kekatolikan, salah satunya Perarakan Patung Bunda Maria dan menghidupkan ke-Katolikan di Lingkungan Betun Kota B ucap Yohanes.

Ia juga mengatakan Lingkungan Betun Kota B ada 7 kelompok Umat Basis, Antusias umat sungguh luar biasa dalam giat Perarakan Patung Bunda Maria ini tentu merupakan hal yang sangat positif dan luar biasa dalam menyambut Bunda Maria masuk di lingkungan dan hati kita masing- masing ujarnya.

Selain itu Salah Satu Ketua KUB Santo Yohanes Maria Vianey yang di temui dalam giat ini mengatakan, moment perarakan patung bunda maria ini luar biasa, karena ini tradisi turun temurun sejak lama. ia mengatakan

Pentahtahan Patung Bunda Maria di Lingkungan betun kota B selama 3 hari 2 malam, umat di beri kesempatan berdoa dan melakukan intensi secara pribadi.

Taro juga mengatakan tradisi perarakan ini sudah dilakukan sejak ia masih kecil, ia berharap agar giat ini terus di lakukan agar anak- anak milianeal bisa tau dan paham akan tradisi ini.

Dalam giat perarakan patung bunda maria dari umasukaer B menuju Betun Kota B, berjalan aman dan lancar, hal ini karena peran dari Bapak Kapolsek Malaka Tengah bersama jajaran serta Satuan Polisi Lalu lintas, Dinas Perhubungan Kab. Malaka dan THS-THM. Ave Maria …Ave Maria..Ave Maria Sumber Taro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *