16 April 2024

Sejumlah pelaku usaha Di Kecamatan Rinhat Antusias Mengikuti Bimtek OSS-RBA

0
Spread the love

27 Juli 2023 , libas-malaka.com- Sejumlah pelaku usaha di kecamatan Rinhat antusias mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau sistem perizinan berusaha. Implementasi  Penyelenggaraan Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Malaka, Vinsensius Babu, S.Pi., M.AP. melalui sekertarisnya  Yayuk Sri Mulyantini, SE.M.Si mengatakan, implementasi atau penerapan OSS-RBA, diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang pedoman dan tata cara pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko serta tata cara pelaporan kegiatan usaha secara online pada aplikasi OSS.

Menurut, Yayuk, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka melalui DPMPTSP terus memberi kemudahan bila ada permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan mengurus  perizinan berusaha melalui OSS-RBA, sehingga harapannya para pelaku usaha yang hadir dapat melakukan proses perizinan OSS RBA secara mandiri.

Yayuk juga Berharap

,Pelaku usaha Harus bisa beradaptasi dengan skema perizinan dalam aplikasi OSS, sehingga proses perizinan menjadi semakin mudah,” katanya kepada peserta bimtek.

Ditambahkannya Terselenggaranya kegiatan ini karena adanya fasilitasi penanaman modal lewat dana dak non fisik  dari kementerian Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM – RI  kepada seluruh DPMPTSp di Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia. Pungkas Yayuk.

kepala Badan Kesatuan Bangsa dan  Politik (Kesbangpol) Malaka

Dr .Bernando Seran, SH.,M.Hum, dalam membawakan materi mengatakan , Mengapa perizinan usaha penting karena untuk menjamin kepastian atau legalitas dalam berusaha agar kelompok usaha kecil menengah kondusif dalam meningkatkan usahanya.

Doktor Lulusan UGM yogyakrta itu menambahkan

Perizinan juga sebagai jaminan untuk mendapatkan penambahan modal dalam berusaha dari lembaga keuangan atau perbankan katanya

Perijinan atau vergunning penting agar kelompok usaha dapat proteksi untuk ekspansi usaha sehingga dapat bersaing secara normal dalam pengembangan usaha karena  adanya izin berusaha dalam konteks ini memberi jaminan untuk pertanggungjawaban identitas dalam berusaha

Pemberian sosialisasi perizinan merupakan realisasi dari fungsi pemerintah untuk memerintah atau besturen dan fungsi melayani atau verzorgen functie

bahwa pelaku usaha yang mendapatkan bimbingan teknis ini diharapkan bisa menyesuaikan dengan syarat-syarat yang ada dalam aplikasi OSS. Ternga Dr. Nando Seran.

Sementara itu narasumber dari kepala bidang  Nakertrans Serafina Luruk Seran, SE. M.AP  menyampaikan  kepada peserta bahwa ketika kita berusaha kita termasuk punya  peran dimana para  pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi  mendorong perekonomian Nasional.

ia juga mengetengahkan bahwa syarat dalam pengisian OSS diharapkan dapat dipahami oleh pelaku usaha. Mengenai kebijakan teknis yang belum bisa dipahami, mungkin akan bisa dibimbing oleh dinas teknis yang membidangi,” paparnya

hadir pada kesempatan Sosialisi Camat Rinhat, Servatius Bria,  mengajak setiap pelaku usaha untuk terus membngun usaha untuk tambahan Ekonomi keluarga, ia mengharapkan supaya DPMPTSP Malaka terus memfasilitasi Prizinan untuk para pelaku usaha. (Edi)

sumber :

Taro Diskominfo Malaka

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *