16 April 2024

DPMPTSP Malaka Laksanakan Sosialisasi dan Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko 2023

0
Spread the love

libas-malaka.com- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malaka melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko (OSS-RBA) Tahun 2023 bertempat di Aula Kantor Camatan Wewiku Selasa 18/07/2023

Kegiatan secara resmi dibuka oleh kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Malaka, Vinsensius Babu, SP., M.AP,

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyebarluaskan  informasi dan implementasi terkait kebijakan Perizinan Berusaha di daerah pasca terbitnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja kepada para pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Pelaku Usaha di Kecamatan. Selain itu kegiatan ini bertujuan memberikan pendampingan dalam mengakses OSS-RBA untuk memperoleh legalitas perizinan berusaha.

DPMPTSP merupakan fasilitator dalam upaya meningkatkan investasi di Kabupaten Malaka  investasi akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah, yang akan meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Papar Vinsensius Babu,

Pada Kegiatan sosialisasi ini, tampil sebagai narasumber, Dr. Bernando Seran SH.MH. Kaban Kesbangpol, Asisten  Administrasi pembangunan Agustinus Nahak, S IP,  sedangkan Kepala Bidang  Aplikasi Informatika, Tarcisius Manek Roman, S.Sos. M.Si.
Moderator pada kegiatan Wilhelmus Lutan, S.Sos., M.Si
cakupan Materi sosialisasi yang disampaikan terkait dengan Penyelenggaraan Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS-RBA), yang mencakup informasi terkait gambaran umum sistem OSS-RBA, dan tata cara pendaftaran untuk mendapatkan Hak Akses berupa Username dan password yang akan digunakan sebagai kunci masuk dalam penerbitan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.
Dr. Nando sebagai pemateri pertama mengulas tentang Hukum perizinan ” Verguning” pemateri kedua bpk  Agustinus   tentang Gambaran pelaksanaan Online Single Submission (OSS) pemateri ketiga Tarcisius menyampaikan tentang Implementasi tantangan dan hambatan perizinan OSS.

Kegiatan juga memaparkan Pengenalan Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) yang mencakup informasi terkait dasar hukum, gambaran umum sistem OSS,  dan cara pendaftaran untuk mendapatkan Hak Akses berupa Username dan password yang akan digunakan sebagai kunci masuk dalam penerbitan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Selain itu juga, dalam kegiatan ini dilaksanakan fasilitasi pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko kepada peserta, bagi Pelaku Usaha yang belum memiliki perizinan sebelumnya untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) pada sistem OSS RBA dan migrasi data bagi Pelaku Usaha yang telah memiliki NIB pada OSS versi sebelumnya dalam pengembangan usahanya. Diharapkan semua Pelaku Usaha yang hadir dapat terlayani dalam  proses pembuatan perizinan berusaha berbasis risiko.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Wewiku Yohones Klau, S IP,  pada kesempatan tersebut  camat menotivasi kepada para pelaku usaha untuk semangat dalam melakukan usaha baik dalam tingkatan mikro dan makro karena ini jaman sdh berubah, ini jaman informasi dan teknologi,  setiap kita perlu berkompetisi dalam usaha  yg sehat. ia juga  mengatakan  kedepan dalam sosialisasi ini perlu melibatkan para kepala desa, sehingga para kepala desa dapat mengtahui pelaku usaha dengan jenis usaha yang ada didesa.

di akhir kegiatan para admind OSS a juga fasilitasi pendampingan pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko kepada Pelaku Usaha yang belum memiliki perizinan sebelumnya untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) pada sistem OSS RBA dan migrasi data bagi Pelaku Usaha yang telah memiliki NIB pada OSS versi 1.1 sebelumnya versi 1 .0

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat/pelaku usaha terkait pentingnya perizinan berusaha, serta dapat memberikan solusi kepada setiap pelaku usaha yang masih mengalami kendala atau kesulitan dalam pengurusan perizinan terutama yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi OSS-RBA.

Pada penghujung kegiatan  dilakukan penyerahan dokumen Izin usaha  kepada pelaku usaha  .daniel haris Yo dan paulinus seran yang diserahkan  langsung oleh kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Malaka, Vinsensius Babu, SP., M.AP,(Edi)

Taro Diskominfo Malaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *